Definisi Komunikasi, Dimensi Komunikasi, dan Peran Psikologi Manajemen dalam Organisasi

Definisi Komunikasi
Kata atau istilah komunikasi (dari bahasa inggris “communication”), secara epistemologis atau menurut asal katanya adalah dari bahasa latin communicatus, dan perkataan ini bersumber pada kata communis. Kata communis memiliki makana “berbagi” atau “menjadi milik bersama” yaitu usaha yang memiliki tujuan untuk kebersamaan atau kesamaan makna. Komunikasi secara terminilogis merujuk pada adanya proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Jadi, yang terlibat dalam komunikasi ini adalah manusia.
Pawito dan C Sardjono (1994 : 12) mencoba mendefinisikan komunikasi sebagai suatu proses dengan mana suatu pesan dipindahkan atau dioperkan (lewat suatu saluran) dari suatu sumber kepada penerima dengan maksud mengubah perilaku, perubahan dalam pengetahuan, sikap dan atau perilaku overt lainnya. Sekurang-kurangnya didapati empat unsur utama dalam model komunikasi yaitu sumber (the source), pesan (the message), saluran (the channel) dan penerima (the receiver).
Joseph A Devito mengemukakan komunikasi sebagai transaksi. Transaksi yang dimaksudkannya bahwa komunikasi merupakan suatu proses dimana komponen-komponennya saling terkait dan bahwa para komunikatornya beraksi dan bereaksi sebagai suatu kesatuan dan keseluruhan. Dalam setiap proses transaksi, setiap elemen berkaitan secara integral dengan elemen lain (Suprapto, 2006 : 5).
Shannon & Weaver memberi definisi komunikasi yaitu bentuk interaksi manusia yang saling pengaruh mempegaruhi satu sama lain, sengaja atau tidak sengaja. Tidak terbatas pada bentuk komunikasi menggunakan bahasa verbal, tetapi juga dalam hal ekpresi muka, lukisan, seni, dan teknologi.
Raymond S. Ross berpendapat bahwa komunikasi adalah suatu proses menyortir, memilih dan mengirimkan symbol-simbol sedemikian rupa sehingga membantu pendengar membangkitkan makna atau respon dari pikirannya yang serupa dengan yang dimaksudkan komunikator.

Berdasarkan beberapa pengertian komunikasi di atas dapat disimpulkan bahwa komunikasi adalah bentuk interaksi manusia yang terjadi dan saling berpengaruh satu sama lain dimana terjadi transaksi komponen-komponen dalam bentuk verbal atau non verbal.

Dimensi-dimensi Komunikasi
Dimensi komunikasi terdiri dari:
-       Isi adalah apa yang dibicarakan dalam komunikasi antara satu orang dengan orang yang lain atau bahkan lebih. Isi dalam komunikasi ini tidak hanya berbentuk verbal namun juga non verbal seperti ekspresi wajah, gesture tubuh, dan sebagainya.
-       Kebisingan adalah gangguan yang terjadi saat proses komunikasi terjadi. Contoh gangguan signal ketika dua orang sedang melakukan komunikasi lewat telepon sehingga pesan yang disampaikan satu sama lain tidak dapat ditangkap secara baik.
-       Jaringan yaitu ketika satu orang atau lebih tidak dapat melakukan komunikasi secara langsung dengan orang lain, jaringan disini menjembatani antara satu pihak ke pihak lain. Misalnya, jaringan satelit pada telepon.
-       Arah. Dimensi ini dibagi menjadi dua antara lain komunikasi satu arah yaitu komuniasi yang terjadi hanya ada satu orang berbicara atau sekedar menyampaikan infomasi untuk satu orang atau lebih tanpa adanya timbal balik dari penerima informasi, sedangkan komunikasi 2 arah adalah adanya interaksi antara satu orang menyampaikan informasi kepada satu orang atau lebih yang juga ikut berbicara sehingga terciptanya interaksi timbal balik atau pertukaran informasi.

Peran Psikologi Manajemen dalam Organisasi
Psikologi manajemen adalah suatu studi tentang tingkah laku manusia yang terlibat dalam proses manajemen dalam rangka melaksanakan funsi-fungsi manajemen untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.
Menurut John m. Pfifner dan Frank P. Sherwood, organisasi adalah pola keadaan di mana sejumlah orang banyak, sangat banyak mempunyai teman berhubungan langsung dengan semua yang lain, dan menangani tugas-tugas yang kompleks, menghubungkan mereka sendiri satu sama lain dengan sadar, penentuan dan pencapaian yang sistematis dari tujuan-tujuan yang saling disetujui.
Jadi, dapat dikatakan peran psikologi manajemen terhadap organisasi disini adalah bagaimana psikologi manajemen ini melaksanakan tugas-tugas manajemen dalam suatu organisasi sehingga tujuan dari organisasi yang telah dibuat tersebut dapat dicapai dengan baik.

Sumber
Deddy Mulyana, 2002, Ilmu komunikasi suatu pengantar. PT Remaja Rosda Karya Bandung
Hasibuan, Malayu S.P. 2003. Manajemen : Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Zarkasi, Muslichah. (1978). Psikologi Manajemen. Jakarta: Erlangga

Comments

Popular posts from this blog

Resensi Novel

Kesehatan Mental dan Konsep Kepribadian menurut Gordon W. Allport

Terapi dalam Psikoanalisa, Humanistik, dan Behaviorisme